Pengertian Strategi Nasional

  • Whatsapp
pengertian strategi nasional

Pengertian strategi nasional menjadi pokok bahasan kita kali ini. Dewasa ini hampir di semua kalangan lazim menggunakan kata strategi, baik pada urusan militer, ekonomi, budaya dan olahraga serta urusan lainnya. Pada dasarnya strategi merupakan suatu kerangka rencana dan tindakan yang disusun dan ditetapkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Pengertian Strategi

Strategi merupakan seni dalam menggunakan dan mengembangkan kekuatan-kekuatan yang meliputi ipoleksosbudhankamnas untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Strategi merupakan korelasi antara karsa, sarana, dan tujuan (Kaelan, 2012).

Acuan Wawasan Strategi Nasional

Oleh karena strategi menjadi hal yang esensial dalam upaya mewujudkan tujuan yang ingin dicapai. Untuk itu di sini masih diperlukan adanya wawasan strategi dan harus mengacu pada tiga hal:

1. Melihat jauh ke depan

Keadaan yang ingin dicapai harus lebih baik. Oleh karena itu, kita harus mampu mendahului dan mengestimasi permasalahan yang akan timbul, mampu membuat desain yang tepat dan menggunakan teknologi masa depan.

2. Terpadu komprehensif integral

Strategi harus merupakan kajian dari konsep yang mencakup permasalahan yang memerlukan pemecahan secara utuh menyeluruh. Grand strategy dilaksanakan melalui bidang Ipoleksosbudhankam, baik lintas sector maupun lintas disiplin.

3. Memperhatikan dimensi ruang dan waktu

Mengapa harus menggunakan pendekatan ruang dan waktu?

Pendekatan ruang dilakukan karena strategi akan berhasil bila didukung oleh lingkungan sosial budaya di mana strategi dan manajemen tersebut dioperasionalkan.

Sedangkan pendekatan waktu sangat fluktuatif terhadap perubahan dan ketidakpastian kondisi yang berkembang sehingga strategi tersebut dapat bersifat temporer dan kontemporer. Strategi nasional (Kaelan, 2002) adalah cara melaksanakan politik nasional dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan oleh politik nasional.

National Strategy

Dengan perkataan lain strategi nasional adalah pelaksanaan dari kebijaksanaan nasional. Dalam melaksanakan politik nasional ini, maka disusunlah strategi nasional, misalnya strategi jangka pendek, strategi jangka menengah dan jangka panjang.

Politik strategi nasional diwujudkan melalui sasaran-sasaran pada bidang pembangunan nasional yang sudah diarahkan dan ditetapkan dalam garis-garis besar haluan Negara yang sekarang dituangkan dalam produk perundang-undangan Negara.

Agar strategi nasional dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan, maka harus dirumuskan dan dilakukan pemikiran-pemikiran strategis yang akan digunakan.

Pemikiran strategis tidak lain adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka mengantisipasi perkembangan keadaan lingkungan yang dapat mempengaruhi bahkan mengganggu pelaksanaan strategi nasional. Untuk mengantisipasinya, maka dalam pemikiran strategis umumnya dilakukan “telaah strategi” dan “perkiraan strategi”.

Telaah strategi (Telstra) merupakan suatu kajian terhadap perkembangan keadaan dan lingkungan yang dapat berpengaruh terhadap pelaksanaan strategi yang akan dilaksanakan dengan selalu memperhatikan berbagai kecenderungan.

Telaah strategi antara lain dilakukan dengan koreksi terhadap bidang politik, ekonomi, perkembangan sosial budaya, hankam, dan sasaran serta pedoman periode waktu yang digunakan.

Penentuan sikap dan pendirian ditinjau dari kepentingan dan sasaran nasional baik dalam lingkup regional, nasional, maupun lingkup internasional.

Sedangkan perkiraaan strategi (kirstra) adalah suatu analisis terhadap berbagai kemungkinan perkembangan keadaan dan lingkungan, pengembangan sasaran alternatif, cara bertindak yang ditempuh, analisis kekuatan yang dimiliki dan pengaruhnya, serta batas waktu berlakunya penilaian terhadap pelaksanaan strategi.

Melalui perkiraaan strategi akan dapat diidentifikasi kesempatan, masalah yang dihadapi, tersedia/tidaknya sumber kekuatan, yang semuanya dituangkan dalam rangka mencapai tujuan, sasaran, atau keadaan yang diinginkan.

Analisis yang digunakan dalam perkiraan strategi didukung data dan fakta yang diperoleh dari hasil telaah strategi dan menjangkau kurun waktu lima tahun ke depan meskipun tetap dilakukan koreksi terhadap perkembangan keadaan dan lingkungan.

Dari perkiraan strategi akan dihasilkan sasaran yang dipilih dan sasaran alternatif, sekaligus cara bertindak yang digunakan atau biasa disebut alternatif cara bertindak.

Demikian penjelasan seputar pengertian strategi nasional, semoga bermanfaat untuk kita semua!

 

Yuk, SITASI ARTIKEL!

Ikatan Dinas.com (June 19, 2021) Pengertian Strategi Nasional. Retrieved from https://ikatandinas.com/pengertian-strategi-nasional/.
"Pengertian Strategi Nasional." Ikatan Dinas.com - June 19, 2021, https://ikatandinas.com/pengertian-strategi-nasional/
Ikatan Dinas.com May 24, 2021 Pengertian Strategi Nasional., viewed June 19, 2021,https://ikatandinas.com/pengertian-strategi-nasional/>
Ikatan Dinas.com - Pengertian Strategi Nasional. [Internet]. [Accessed June 19, 2021]. Available from: https://ikatandinas.com/pengertian-strategi-nasional/
"Pengertian Strategi Nasional." Ikatan Dinas.com - Accessed June 19, 2021. https://ikatandinas.com/pengertian-strategi-nasional/
"Pengertian Strategi Nasional." Ikatan Dinas.com [Online]. Available: https://ikatandinas.com/pengertian-strategi-nasional/. [Accessed: June 19, 2021]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *