Jenis-jenis Demokrasi

  • Whatsapp
jenis demokrasi

Terdapat beberapa jenis-jenis demokrasi yang disebabkan perkembangan dalam pelaksanaannya diberbagai kondisi dan tempat. Oleh karena itu, pembagian jenis demokrasi dapat dilihat dari beberapa hal, yuk disimak sob!

Demokrasi Berdasarkan Cara Menyampaikan Pendapat

Temasuk jenis demokrasi ini terdiri atas:

  • Demokrasi langsung yaitu rakyat secara langsung diikutsertakan dalam proses pengambilan keputusan untuk menjalankan kebijakan pemerintahan.
  • Demokrasi tidak langsung atau demokrasi perwakilan yaitu demokrasi dijalankan oleh rakyat melalui wakil rakyat yang dipilihnya melalui pemilu. Aspirasi rakyat disalurkan melalui wakil-wakil rakyat yang duduk di lembaga perwakilan rakyat.
  • Demokrasi perwakilan dengan sistem pengawasan langsung dari rakyat (referendum) yang dapat diklasifikasikan seperti referendum wajib, referendum tidak wajib dan refendum fakultatif.

Demokrasi Berdasarkan Titik Perhatian atau Prioritas

Jenis demokrasi ini dapat diklasifikasikan, antara lain:

  • Demokrasl formal, demokrasi ini disebut juga demokrasi liberal, yaitu secara hukum menempatkan semua orang dalam kedudukan yang sama dalam bidang politik, tanpa mengurangi kesenjangan ekonorni.
  • Demokrasi material, demokrasi ini memandang manusia mempunyai kesamaan dalam bidang sosial ekonomi, sehingga persamaan bidang politik tidak menjadi prioritas. Demokrasi material dikembangkan di Negara sosialis-komunis.
  • Demokrasi campuran, demokrasi ini merupakan campuran dan kedua demokrasi tersebut. Demokrasi ini berupaya menciptakan kesejahteraan seluruh rakyat dengan menempatkan persamaan derajat dan hak setiap orang.

Demokrasi Berdasarkan Prinsip Ideologi

Demokrasi diklasifikasikan antara lain:

  • Demokrasi liberal, yaitu memberikan kebebasan yang luas pada individu. Campur tangan pemerintah diminimalkan bahkan ditolak. Pemerintah bertindak atas dasar konstitusi (hukum dasar).
  • Demokrasi rakyat atau demokrasi proletary, demokrasi ini bertujuan menyejahterakan rakyat. Negara dibentuk tidak mengenal perbedaan kelas. Semua warga Negara mempunyai persamaan dalam hukum dan politik.

Demokrasi Berdasarkan Wewenang dan Hubungan Antar Alat Kelengkapan Negara

Demokrasi dapat diklasifikasi antara lain:

# Demokrasi sistem parlementer

Demokrasi sistem parlementer dengan ciri-ciri antara lain:

  • DPR lebih kuat dari pemerintah.
  • Kepala pemerintahan/kepala eksekutif disebut perdana menteri dan memimpin kabinet dengan sejumlah menteri yang bertanggung jawab kepada DPR.
  • Program kebijakan kabinet disesuaikan dengan tujuan politik anggota parlemen.
  • Kedudukan kepala Negara terpisah dengan kepala pemerintahan, biasanya hanya berfungsi sebagal simbol Negara. Tugas kepala Negara sebagian besar bersifat serimonial seperti melantik kabinet dan duta besar sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata (kehormatan).
  • Jika pemerintah dianggap tidak mampu, maka anggota DPR (parlemen) dapat meminta mosi tidak percaya kepada parlemen untuk membubarkan pemerintah. Jika mayoritas anggota parlemen menyetujui, maka pemerintah bubar, dan kendali pemerintahan dipegang oleh pemerintahan sementara sampai terbentuk pemerintahan baru hasil pemilu.

# Demokrasi sistem presidensial

Ciri-ciri pemerintahan yang menggunakan sistem presidentil, antara lain:

  • Negara dikepalai presiden.
  • Kekuasaan eksekutif presiden dijalankan berdasarkan kedaulatan yang dipilih dari dan oleh rakyat langsung atau melalui badan perwakilan.
  • Presiden mempunyai kekuasaan mengangkat dan memberhentikan menteri.
  • Menteri tidak bertanggung jawab kepada DPR melainkan kepada presiden. Presiden dan DPR mempunyai kedudukan yang sama sebagai lembaga Negara, dan tidak dapat saling membubarkan.

BACA JUGA: Apa sih prinsip dari demokrasi itu?

Kesimpulan

Terdapat beberapa jenis-jenis demokrasi yang disesuaikan dengan perkembangan dan kondisi dan tempat tertentu, oleh karena itu perlu pembagian jenis demokrasi yang dapat diuraikan beberapa jenis yaitu demokrasi berdasarkan cara penyampaian pendapat, demokrasi beerdasarkan titik perhatian atau prioritas, demokrasi berdasarkan prinsip idiologi, demokrasi berdasarkan wewenang dan hubungan alat kelengkapan negara.

Dari kesemuanya ini harus berjalan sesuai dengan dinamika dan perkembangan zaman sehingga dapat mewujudkan masyarakat demokrasi yang akuntabel.

Yuk, SITASI ARTIKEL!

Ikatan Dinas (September 28, 2021) Jenis-jenis Demokrasi. Retrieved from https://ikatandinas.com/jenis-jenis-demokrasi/.
"Jenis-jenis Demokrasi." Ikatan Dinas - September 28, 2021, https://ikatandinas.com/jenis-jenis-demokrasi/
Ikatan Dinas May 26, 2021 Jenis-jenis Demokrasi., viewed September 28, 2021,https://ikatandinas.com/jenis-jenis-demokrasi/>
Ikatan Dinas - Jenis-jenis Demokrasi. [Internet]. [Accessed September 28, 2021]. Available from: https://ikatandinas.com/jenis-jenis-demokrasi/
"Jenis-jenis Demokrasi." Ikatan Dinas - Accessed September 28, 2021. https://ikatandinas.com/jenis-jenis-demokrasi/
"Jenis-jenis Demokrasi." Ikatan Dinas [Online]. Available: https://ikatandinas.com/jenis-jenis-demokrasi/. [Accessed: September 28, 2021]
 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *