Tuliskan Satu Buah Dalil Alquran Tentang Qada dan Qadar

Pengertian Qada dan Qadar

Qada dan Qadar adalah dua konsep penting dalam ajaran Islam yang berkaitan dengan takdir. Qada berarti ketetapan Allah SWT yang sudah pasti dan tidak dapat diubah, sedangkan Qadar adalah ilmu Allah SWT tentang segala sesuatu yang terjadi di dunia ini.

Dalil Alquran Tentang Qada dan Qadar

Allah SWT telah menegaskan dalam Alquran bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah ditentukan oleh-Nya. Salah satu ayat Alquran yang menguatkan hal tersebut adalah sebagai berikut:

“Inna kulla syai’in khalaqnaahu biqadar” (QS Al-Qamar: 49)

Bacaan Lainnya

Artinya, sesungguhnya Kami telah menciptakan segala sesuatu dengan qadar (ketetapan dan pengaturan yang telah ditentukan sebelumnya).

Penjelasan Ayat Alquran Tentang Qada dan Qadar

Ayat Alquran di atas menjelaskan bahwa Allah SWT sebagai pencipta dan pengatur segala sesuatu di dunia ini telah menentukan semua hal yang terjadi sebelumnya. Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini sudah pasti dan tidak dapat diubah oleh manusia, karena semua itu telah ditentukan oleh Allah SWT.

Dalam konteks ini, manusia sebagai hamba Allah SWT harus menerima takdir yang telah ditentukan oleh-Nya. Namun, hal ini tidak berarti bahwa manusia tidak boleh berusaha dan berdoa untuk memperbaiki keadaan yang ada di sekitarnya.

Kaitan Qada dan Qadar dengan Kehidupan Manusia

Qada dan Qadar memiliki kaitan yang erat dengan kehidupan manusia. Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang diberi akal dan pikiran untuk berpikir dan bertindak. Namun, manusia juga harus menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah ditentukan oleh Allah SWT sebelumnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia seringkali mengalami kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti sakit, kehilangan pekerjaan, atau kehilangan orang yang dicintai. Namun, manusia harus menyadari bahwa semua itu sudah ditentukan oleh Allah SWT dan manusia harus menerima takdir tersebut sebagai ujian dari Allah SWT.

Tidak Ada yang Bisa Mengubah Qada dan Qadar

Qada dan Qadar adalah ketetapan dan pengaturan Allah SWT yang sudah pasti dan tidak dapat diubah. Manusia tidak memiliki kuasa untuk mengubah takdir yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, manusia harus menerima takdir tersebut sebagai bagian dari ujian kehidupan yang harus dilalui.

Kesimpulan

Dalam ajaran Islam, Qada dan Qadar adalah dua konsep penting yang berkaitan dengan takdir. Allah SWT telah menentukan segala sesuatu yang terjadi di dunia ini sebelumnya. Manusia sebagai hamba Allah SWT harus menerima takdir tersebut sebagai ujian kehidupan yang harus dilalui. Oleh karena itu, manusia harus berusaha dan berdoa untuk memperbaiki keadaan yang ada di sekitarnya, namun tidak dapat mengubah takdir yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Rate this post

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *