Pengertian Kreativitas

  • Whatsapp
pengertian kreativitas

Pengertian Kreativitas menjadi lanjutan dari pembahasan tentang intelegensi. Nah, untuk menambah khasanah psikologi kamu, silahkan simak materi singkat seputar kreatifitas.

Apa itu Kreativitas?

Kreativitas adalah sutau kemampuan untuk memecahkan masalah, yang memberikan individu menciptakan ide-ide asli/ adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang.

Kreativitas adalah keterampilan untuk menentukan pertalian baru, melihat subyek dari perspektif baru dan membentuk kombinasi-kombinasi baru dari dua atau lebih konsep yang telah tercetak dalam pikiran.

Jadi, pengertian kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan ide-ide atau membentuk kombinasi-kombinasi baru berdasarkan apa yang dipikirnya. Kreativitas mengandung unsur-unsur pengetahuan, imajinasi dan evaluasi.

Karakteristik Individu yang Mendukung Kreatifitas

Ada 14 karakteristik individu yang mendukung kreativitas, yaitu:

  • Kesadaran dan kepekaan (senstivitas) terhadap masalah, individu yang kreatif memiliki kesadaran tinggi dan kepekaan yang tajam terhadap lingkungan dimana ia berada,dibanding individu yang lain.
  • Ingatan (memory), individu yang kreatif memiliki daya ingat yang menonjol, ingatan jangka panjang yang baik, menyimpan banyak informasi untuk menghasilkan ide-ide kreatif.
  • Kelancaran, individu yang kreatif mempunyai kemampuan untuk membangkitkan sejumlah ide besar dengan mudah.
  • Fleksibilitas, individu yang kreatif memiliki kemampuan untuk membangkitkan banyak ide
  • Disiplin dan keteguhan diri, individu yang kreatif tidak saja mengembangkan ide-ide baru, tetapi bekerja keras dan teguh untuk mengembangkannya.
  • Keaslian, individu yang kreatif memiliki kemampuan untuk menghasilkan ide-ide, cara pemecahan masalah, menggunakan hal-hal atau situasi dengan cara yang luar biasa.
  • Peyesuaian diri (adaptasi), individu yang kreatif terbuka terhadap pengalaman baru
  • Permainan intelektual, individu yang kreatif memiliki kesukaan menggali ide-ide untuk kepentingan mereka sendiri.
  • Humor, individu yang kreatif memiliki kemampuan untuk bereaksi secara spontan terhadap kejanggalan makna atau pelaksanaan.
  • Nonkonformitas, individu yang kreatif memiliki dorongan yang berbeda, berani mengambil resiko atas kegagalan.
  • Toleran terhadap ambigius, individu yang kreatif secara aktif mengusahakan ketidakpastian kompleksitas dan ketidakteraturan dijadikan tantangan untuk menghasilkan kepuasan 12) Kepercayaan diri, individu yang kreatif memiliki kepercayaan diri dalam dirinya yang berharga terhadap karyanya dan sebuah pengertian tentang misi atu keharusan.
  • Skeptisisme, individu yang kreatif skeptis terhadap ide-ide yang diterima dan sering memainkan (pembelaan yang menentang apa yang dianggap baik) serta mempersoalkan fakta-fakta atau dugaan-dugaan.
  • Intelegensi, individu yang kreatif memiliki IQ di atas rata-rata.

Hubungan Intelengesia dan Kreatifitas

Kreativitas berkembang karena dipengaruhi factor dominan intelegensi. Orang yang kreatif, umumnya memiliki tingkat intelegensi yang tinggi atau orang yang intelegensinya tinggi umumnya memiliki kreatifitas yang tinggi pula. Dengan demikian antara intelegensi dan kreativitas memiliki hubungan yang erat.

Faktor yang mempengaruhi Intelegensi dan Kreativitas

Ada factor yang mempengaruhinya, antara lain:

  • Factor intrinsik, seperti intelegensi, bakat, minat, kepribadian dan perasaan.
  • Faktor ekstrinsik, seperti adat istiadat, social-budaya, pendidikan dan lingkungan.

Halangan untuk kreatifitas

Belahan otak manusia mempunyai fungsi berbeda. Belahan otak kanan berfungsi untuk tingkah laku kreatif, yaitu kemampuan mengembangkan ide-ide dan memvisualisasikan. Sedangkan belahan otak kiri untuk pemikiran yudisial, menganalisa, membandingkan dan memilih.

Hambatan untuk mengembangkan kreativitas umumnya karena faktor kebiasaan. Menurut James L. Adam yang dikutip James R. Evans menyebutkan 4 faktor yang menjadi halangan terhadap kreativitas, yaitu:

1. Halangan perceptual

Halangan perceptual, yaitu halangan yang mencegah individu menerima dengan jelas suatu masalah atau informasi, sehingga  kemampuan memecahkan masalah terganggu.

2. Halangan emosional

Halangan emosional, yaitu halangan karena:

  • Takut membuat kesalahan atau mengambil resiko.
  • Ketidakmampuan mentoleransi ambiugitas, kebutuhan akan keamanan dan keteraturan.
  • Acuan menilai ide-ide daripada membangkitkan dan mengembangkannya.
  • Ketidakmampuan bersikap santai dan melupakan masalah untuk sementara waktu.
  • Terlalu bermotivasi untuk berhasil dengan cepat.
  • Kurang konrol imajinatif.
  • Ketidakmampuan membendakan realitas dan fantasi.

3. Halangan budaya dan lingkungan

Halangan budaya dan lingkungan yaitu halangan yang diperoleh dari unsur-unsur dan pola-pola budaya yang hidup ditengah-tengah masyarakat, dalam bentuk larangan atau tabu.

4. Halangan intelektual dan ekspresi

Halangan intelektual dan ekspresi, yaitu halangan yang berkaitan dengan taktik mental yang tidak efisien atau kurangnya bahan intelektual.

BACA JUGA: Arti Intelegensi (IQ) Apa sih?

Kesimpulan

Nah, berikut beberapa poin inti dari uraian penjelasan pengertian kreativitas diatas, antara lain:

  1. Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan ide-ide atau membentuk kombinasi-kombinasi baru berdasarkan apa yang dipikirnya. Kretaifitas mengandung unsur-unsur pengetahuan, imajinasi dan evaluasi.
  2. Karakteristik individu yang kreativitas memiliki: kesadaran dan kepekaan, ingatan yang menonjol, kelancaran ide, fleksibilitas, disiplin dan tangguh, keaslian ide, adaptif, permainan intelektual, humor, non konformitas,toleran terhadap ambigius, kepercayaan diri, skeptisme dan IQ diatas rata-rata.
  3. Kemampuan intelegensi berbanding lurus, dipengaruhi faktor intrinsic dan ekstrinsik. Ada 4 faktor yang menjadi penghalang kreatifitas, diantaranya halangan perceptual, emosional, budaya dan lingkungan serta intelektual dan ekspresi.

Yuk, SITASI ARTIKEL!

Ikatan Dinas (September 28, 2021) Pengertian Kreativitas. Retrieved from https://ikatandinas.com/pengertian-kreativitas/.
"Pengertian Kreativitas." Ikatan Dinas - September 28, 2021, https://ikatandinas.com/pengertian-kreativitas/
Ikatan Dinas May 4, 2021 Pengertian Kreativitas., viewed September 28, 2021,https://ikatandinas.com/pengertian-kreativitas/>
Ikatan Dinas - Pengertian Kreativitas. [Internet]. [Accessed September 28, 2021]. Available from: https://ikatandinas.com/pengertian-kreativitas/
"Pengertian Kreativitas." Ikatan Dinas - Accessed September 28, 2021. https://ikatandinas.com/pengertian-kreativitas/
"Pengertian Kreativitas." Ikatan Dinas [Online]. Available: https://ikatandinas.com/pengertian-kreativitas/. [Accessed: September 28, 2021]
 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *