Arti Kata Era: Pengertian, Sejarah, dan Contohnya

Apakah kamu pernah mendengar kata era? Kata ini sering kali digunakan dalam percakapan sehari-hari, terutama dalam konteks sejarah atau perkembangan suatu hal. Namun, apakah kamu tahu arti kata era secara lengkap?

Apa itu Era?

Era merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan suatu periode waktu tertentu dalam sejarah. Periode ini biasanya ditandai dengan ciri-ciri atau kejadian khusus yang terjadi pada masa tersebut. Era dapat mencakup rentang waktu yang pendek atau panjang, tergantung pada konteksnya.

Sebagai contoh, jika kita berbicara tentang era modern, maka kita mengacu pada periode waktu yang dimulai sekitar abad ke-16 dan berlanjut hingga saat ini. Pada masa ini, terjadi banyak perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, seperti teknologi, ekonomi, dan budaya.

Bacaan Lainnya

Sejarah Penggunaan Kata Era

Kata era pertama kali digunakan dalam bahasa Latin yaitu aerae, yang mengacu pada sistem penanggalan Romawi. Pada saat itu, setiap kejadian penting dalam sejarah Romawi diberi label dengan angka tahun tertentu. Contohnya, tahun 753 SM dianggap sebagai tahun pendirian kota Roma.

Pada abad ke-17, penggunaan kata era mulai meluas ke seluruh dunia. Kata ini digunakan untuk merujuk pada periode waktu tertentu dalam sejarah, seperti era Renaisans, era Victoria, dan era Perang Dunia.

Contoh Penggunaan Kata Era dalam Kalimat

Berikut ini beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata era:

  • Era Viking di Eropa berlangsung dari sekitar abad ke-8 hingga abad ke-11.
  • Era digital telah mengubah cara kita hidup dan bekerja.
  • Pada era kolonialisme, banyak negara di Afrika dan Asia dijajah oleh kekuatan Eropa.
  • Era musik rock and roll dimulai pada tahun 1950-an dan masih populer hingga saat ini.

Kesimpulan

Arti kata era adalah periode waktu tertentu dalam sejarah yang ditandai dengan ciri-ciri atau kejadian khusus. Penggunaan kata ini telah meluas ke seluruh dunia dan digunakan dalam berbagai konteks, seperti sejarah, budaya, dan teknologi. Contoh-contoh penggunaan kata era dapat ditemukan dalam kalimat-kalimat sehari-hari.

Rate this post

Kami, Mengucapkan Terimakasih Telah Berkunjung ke, Ikatandinas.com

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *