Apakah Kesimpulanmu Tema 7 Kelas 5 Percobaan 2?

Pendahuluan

Percobaan 2 pada tema 7 kelas 5 merupakan salah satu percobaan yang menarik untuk dilakukan. Percobaan ini bertujuan untuk mengamati pengaruh suhu terhadap kecepatan reaksi. Dalam percobaan ini, siswa akan menggunakan bahan-bahan seperti zat warna, air, dan baking soda untuk membuat larutan dan mengamati perubahan warna yang terjadi ketika suhu diubah. Setelah melakukan percobaan, siswa akan diminta untuk membuat kesimpulan dari hasil yang diperoleh.

Langkah-langkah Percobaan

Sebelum memulai percobaan, pastikan bahwa semua bahan dan alat yang dibutuhkan sudah disiapkan dengan baik. Langkah-langkah percobaan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:1. Siapkan bahan-bahan seperti zat warna, air, baking soda, dan alat-alat seperti gelas ukur, sendok, dan pengaduk.2. Campurkan zat warna, air, dan baking soda dalam gelas ukur.3. Aduk campuran dengan pengaduk hingga merata.4. Catat warna campuran sebelum suhu diubah.5. Letakkan gelas ukur di atas bunsen burner dan panaskan hingga suhu mencapai 50°C.6. Catat warna campuran setelah suhu diubah.7. Ulangi langkah 5 dan 6 dengan suhu yang berbeda, misalnya 70°C dan 90°C.

Hasil Percobaan

Setelah melakukan percobaan, siswa akan memperoleh hasil berupa perubahan warna campuran saat suhu diubah. Misalnya, pada suhu 50°C, campuran mungkin berubah menjadi warna hijau, sedangkan pada suhu 70°C, campuran mungkin berubah menjadi warna kuning. Siswa harus mencatat hasil percobaan dengan baik agar dapat membuat kesimpulan yang tepat.

Bacaan Lainnya

Kesimpulan

Setelah memperoleh hasil dari percobaan, siswa harus membuat kesimpulan yang tepat. Kesimpulan tersebut harus berdasarkan pada hasil yang diperoleh dan dapat menjawab pertanyaan “Apakah pengaruh suhu terhadap kecepatan reaksi?”.Dari hasil percobaan, dapat disimpulkan bahwa suhu mempengaruhi kecepatan reaksi. Semakin tinggi suhu, semakin cepat pula reaksi yang terjadi. Hal ini dapat dilihat dari perubahan warna campuran saat suhu diubah. Pada suhu yang lebih tinggi, perubahan warna terjadi lebih cepat dibandingkan pada suhu yang lebih rendah.Kesimpulan ini dapat digunakan untuk menjelaskan fenomena dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengapa air lebih cepat mendidih pada suhu yang lebih tinggi. Dengan memahami konsep ini, siswa dapat lebih memahami dunia kimia dan mengaplikasikan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan Akhir

Dalam percobaan tema 7 kelas 5 percobaan 2, siswa dapat memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru tentang pengaruh suhu terhadap kecepatan reaksi. Dengan melakukan percobaan dan membuat kesimpulan yang tepat, siswa dapat memahami konsep ini dengan lebih baik. Selain itu, dengan memahami konsep ini, siswa dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi lebih terampil dalam ilmu kimia.

Rate this post

Kami, Mengucapkan Terimakasih Telah Berkunjung ke, Ikatandinas.com

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *