Storage Adalah: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Storage Adalah
Storage Adalah

Setiap perangkat gadget seperti komputer, smartphone ataupun tablet pasti dilengkapi dengan yang namanya storage. Dimana ia merupakan sebuah komponen penting untuk menyimpan data-data di dalam perangkat tersebut.

tanpa adanya komponen storage, kita tak akan bisa menyimpan file digital seperti foto, video atau dokumen penting lainnya. Oleh karena itulah keberadaan storage ini sangatlah penting dalam berbagai perangkat gadget.

Pengertian Storage

Storage Adalah
Storage Adalah

Istilah storage sendiri bisa diartikan sebagai penyimpanan. Namun secara umum, storage mengacu para komponen yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam data digital baik berupa foto, video, audio dan file lainnya.

Bacaan Lainnya

Komponen storage umumnya dipakai untuk berbagai macam perangkat elektronik seperti komputer, PC, laptop, smartphone hingga tablet. Tidak hanya untuk menyimpan data pengguna, storage juga berfungsi untuk membantu agar perangkat bisa bekerja dengan baik.

Karena di dalam storage jugalah kita menyimpan sistem operasi sebagai software lapisan pertama yang mengendalikan semua resources dalam sebuah perangkat. Sehingga tanpa adanya komponen storage, tidak mungkin sebuah gadget bisa berfungsi.

Fungsi Storage

Secara umum, fungsi dari sebuah komponen storage adalah sebagai media penyimpanan data baik untuk input maupun output. Berikut untuk penjelasan lebih lengkapnya.

1. Media Penyimpanan

Fungsi utama dari storage adalah sebagai media penyimpanan berbagai macam file. Mulai dari foto, video, audio, dokumen hingga file sistem semuanya akan tersimpan di storage. Hingga nantinya dibutuhkan bisa dicari dan ditemukan dengan mudah.

2. Media Akses

Saat sebuah data sudah disimpan dalam storage, maka kita bisa mencari dan menemukannya kapanpun. Ketika kalian membutuhkan data tersebut, maka tinggal kita akses saja lewat storage tersebut.

Jenis Storage

Storage atau penyimpanan secara umum dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Primary dan Secondary. Apa perbedaan serta fungsinya masing-masing? Silahkan simak dalam pembahasan berikut ini.

1. Primary Storage

Bisa diartikan sebagai penyimpanan utama atau sering disebut sebagai memori internal. Primary storage umumnya akan memiliki ukuran yang lebih kecil daripada secondary storage. Namun dari segi kecepatan baca dan tulis, ia akan lebih cepat.

Primary storage biasanya juga terdapat pada CPU atau prosesor yang berfungsi untuk mengolah data. Beberapa contoh dari Primary Storage seperti RAM dan juga ROM.

  • RAM (Random Access Memory)

Merupakan salah satu komponen storage yang fungsinya untuk menyimpan data sementara sebelum kemudian diproses dan diolah oleh prosesor. Karena tidak semua data bisa langsung diolah dari HDD atau SSD, sehingga harus ditangani sementara oleh RAM terlebih dahulu.

Selain itu, kecepatan sebuah komponen RAM juga cenderung lebih tinggi daripada hard disk. Hal tersebut bisa mencegah terjadinya crash atau error saat proses pengolahan data di prosesor.

  • ROM (Read Only Memory)

SEperti namanya, ROM merupakan komponen memory yang berfungsi menyimpan data dan hanya bisa dibaca saja. Artinya, kita tidak bisa mengubah ataupun menambah data yang ada pada sebuah ROM.

Isi dari sebuah ROM telah dipasang oleh pembuatnya di pabrik secara khusus. Sehingga tidak bisa diubah-ubah secara sembarangan oleh pihak lain dan malah berisiko menyebabkan kerusakan.

2. Secondary Storage

Jenis storage yang satu ini berfungsi sebagai media penyimpanan yang bersifat permanen. Disinilah tempat kalian biasanya menyimpan berbagai macam file seperti foto, video, audio dll.

Sebuah secondary storage umumnya akan memiliki ukuran lebih besar daripada primary storage. Karena memang fungsinya untuk menyimpan banyak file dengan size besar.

Selain itu, sebuah secondary storage juga akan menyimpan data secara permanen jika tak kita hapus. Meskipun storage tersebut terputus dari listik, data tetap akan aman tersimpan di dalamnya.

  • HDD (Hard Disk)

Hard Disk merupakan salah satu media penyimpanan yang paling umum digunakan untuk perangkat PC ataupun komputer dan laptop. Di storage tersebut kalian bisa menyimpan berbagai macam data termasuk sistem operasi.

  • SSD (Solit State Drive)

Ini merupakan sebuah komponen penyimpanan yang lebih baru dibandingkan dengan hard disk. Ia memiliki kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih tinggi daripada HDD. Selain itu, dari segi daya tahan juga lebih awet namun harganya lebih mahal.

  • CD/DVD

Mungkin banyak diantara kalian yang sudah jarang menemukan storage yang satu ini. Pada jaman dulu, CD atau DVD merupakan jenis penyimpanan yang banyak dipakai lho. Namun sekarang ini fungsinya sudah banyak digantikan dan jarang dipakai lagi.

  • Disket

Ini merupakan salah satu komponen storage yang bahkan jauh lebih tua daripada CD ataupun DVD. Bentuknya persegi dan dulu digunakan sebagai penyimpanan PC sebelum hard disk ditemukan. Dari segi fungsi kurang lebih hampir sama dengan HDD namun kapasitasnya lebih kecil.

Kesimpulan

Storage adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai media penyimpanan data digital di PC atau laptop. Secara umum ia dibedakan menjadi 2 jenis yaitu primary storage dan secondary storage.

Contoh primary storage yaitu RAM dan ROM yang digunakan dalam sistem pengolahan data di prosesor. Sementara secondary storage seperti HDD dan SSD yang berfungsi menyimpan file secara permanen.

Rate this post

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *