Pengertian Penelitian

  • Whatsapp
pengertian penelitian

Apakah sobat pernah terlibat dalam kegiatan penelitian? Nah, mahasiswa tingkat akhir pastinya yang telah banyak makan asam garam dalam dunia penelitian. Bagi sobat yang saat ini tengah berpacu dalam proposal atau skripsi/ tesis, yuk perdalam pemahamanmu tentang konsep penelitian, khususnya terkait definisi atau pengertian penelitian secara kompleks.

Definisi Penelitian

Pengertian penelitian adalah terjemahan dari kata Inggris research, ada juga ahli yang menerjemahkan research sebagai riset. Research itu sendiri berasal dari kata re yang berarti “kembali” dan to search yang berarti “mencari”. Dengan demikian arti sebenarnya dari research atau riset adalah “mencari kembali”.

Menurut ilmuwan Hillway dalam buku Praktiknya, AW 2003 berjudul ”Dasar-dasar Penelitian Kedokteran dan Kesehatan” penelitian adalah : ”suatu metode studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap sesuatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut”.

Penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Penelitian merupakan sarana yang memungkinkan dilakukannya penelaahan ilmiah secara teratur dan cermat (Notoatmodjo S, 2005).

Pada hakekatnya sebuah penelitian adalah pencarian jawaban dari pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya oleh peneliti.

Selanjutnya hasil penelitian akan berupa jawaban atas pertanyaan yang diajukan pada saat dimulainya penelitian. Untuk menghasilkan jawaban tersebut dilakukan pengumpulan, pengolahan dan analisis data dengan menggunakan metode tertentu.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa satu ciri khas penelitian adalah bahwa penelitian merupakan proses yang berjalan secara terus-menerus hal tersebut sesuai dengan kata aslinya dalam bahasa inggris yaitu research, yang berasal dari kata re dan search yang berarti pencarian  kembali.

Oke, sobat telah menyelesaikan bahasan tentang pengertian penelitian. Bersiaplah berikut sobat akan mempeajari tujuan penelitian.

Tujuan Penelitian

Suatu penelitian, khususnya dalam ilmu pengetahuan emperik, termasuk ilmu pendidikan pada umumnya bertujuan untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.

Secara rinci tujuan penelitian adalah:

1. Menemukan (eksplorasi)

Berarti berusaha mendapatkan sesuatu untuk mengisi kekurangan atau kebohongan.

Contoh: Dengan hasil penelitian muncul cabang ilmu pengetahuan baru, seperti dari induk ilmu pengetahuan sosial lahir ilmu sosiologi, antropologi, psikologi, pendidikan dll.

2. Mengembangkan kebenaran (development)

Berarti memperluas dan menggali lebih dalam ilmu pngetahuan yang sudah ada.

Contoh: Dari ilmu pendidikan lahir andragogi, psikologi pendidikan, pendidikan luar biasa, dll.

3. Menguji kebenaran (verifikasi)

Berarti membuktikan atas sesuatu yang kebenarannya masih diragukan.

Contoh: Apakah benar wanita yang menarche dini akan mengalami menopause lebih awal? Apakah benar ibu hamil anemia akan mengalami ketuban pecah dini?

Pertanyaan mendasar yang ditujukan kepada kita adalah masih perlukah menemukan (mengisi kekurangan dan kekosongan), mengembangkan bidang ilmu yang menjadi harapan kita masing-masing, menguji kebenaran berbagai teori yang telah ada? Bila jawabannya “ya”, maka penelitian kesehatan khususnya kebidanan mutlak diperlukan.

Hebat, sobat telah menyelesaikan bahasan tentang pengertian penelitian dan tujuan penelitian. Bersiaplah berikut sobat akan mengkaji jenis penelitian.

Jenis Penelitian

Jenis penelitian dapat ditinjau dari berbagai hal; yaitu ditinjau dari tujuan, menurut metodenya dan menurut jenis datanya. Agar pemahaman Saudari lebih jelas berikut ini uraiannya.

1. Klasifikasi Penelitian menurut Tujuan

Pengklasifikasian penelitian berdasarkan tujuan ada 2, yaitu penelitian dasar dan penelitian terapan :

  • Penelitian Dasar adalah penelitian yang meliputi pengembangan ilmu pengetahuan. Penelitian ini digunakan untuk menguji teori tertentu, atau mengetahui konsep tertentu secara lebih mendalam.
  • Penelitian Terapan adalah penelitian yang menyangkut aplikasi teori untuk memecahkan perma-salahan tertentu.

Dalam hal penelitian terapan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk memberikan masukan atau mendukung pengambilan keputusan; atau untuk mengembangkn produk sehingga produk teersebut mempunyai kualitas yang lebih tinggi; atau untuk segera dipergunakan sebagai dasar tindakan pemecahan masalah yang ada.

2. Klasifikasi Penelitian menurut Metode

Jenis penelitian bila dilihat dari metodenya dapat dibedakan menjadi penelitian historis, penelitian deskriptif, penelitian korelasional, serta kausal komparatif dan eksperimental.

a. Penelitian Historis

Penelitian historis yaitu penelitian yang meliputi kegiatan penyelidikan, pemahaman, penjelasaan keadaan yang telah lalu. Misalnya, proses reproduksi dalam kematian Kartini.

b. Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah penelitian untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain Penelitian ini meliputi pengumpulan data untuk diuji hipotesis atau menjawab pertanyaan mengenai status ter-akhir dari subjek penelitian.

Contoh penelitian deskriptif:

  • Tingkat kinerja Bidan di Puskesmas X.
  • Analisis kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan ANC di BPM wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Y.
c. Penelitian Korelasional

Penelitian korelasional adalah penelitian yang bertujuan mengetahui asossiasi antara dua variabel atau lebih serta melihat seberapa jauh korelasi yang ada diantara variabel yang diteliti. Penelitian ini tidak menjelaskan sebab akibat melainkan menjelaskan apakah terdapat hubungan antara variabel yang diteliti.

Fokus dari analisis ini adalah menemukan indeks yang menunjukkan seberapa kuat hubungan variabel X dan Y yang dapat dijelaskan dengan jarak titik yang berpencar disekitar garis regresi.

Contoh:

  • Hubungan kadar Hb ibu hamil dengan BB Bayi Baru Lahir.
  • Hubungan tinggi badan Ibu hamil dengan jenis persalinan.
  • Hubungan prestasi kerja dengan kepuasan kerja Bidan.
d. Penelitian kausal komparatif dan eksperimental

Penelitian kausal komparatif dan eksperimental adalah penelitian yang menunjukkan arah hubungan variabel bebas dengan variabel terikat serta mengukur kekuatan hubungannya. Studi ini mempertanyakan masalah sebab-akibat.

Contoh:

  • Pengaruh pemberian tablet Fe pada ibu hamil terhadap anemia.
  • Pengaruh rokok terhadap kejadian Ca Cervix.
  • Pengaruh pemberian Mg SO4 pada klien PEB terhadap kejadian Eklampsia.

3. Klasifikasi Penelitian menurut Jenis Data

Perlu Saudari ketahui bahwa jenis data penelitian ada dua yaitu data yang berupa angka dan data yang dalam bentuk kata-kata.

Data dalam bentuk kata-kata ini bisa berupa pernyataan pendapat ataupun sikap seseorang yang menjadi responden penelitian.

  • Pengklasifikasian penelitian bila dilihat jenis datanya adalah penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif dan dan penelitian gabungan.
  • Penelitian Kuantitatif adalah penelitian bila data yang diambil berupa angka (nominal).
  • Penelitian Kualitatif adalah penelitian bila data yang diambil berbentuk kata (pernyataan, pendapat, sikap).
  • Penelitian Gabungan kuantitatif dan kualitatif adalah bila menggunakan kedua jenis data tersebut di atas.

Berikut ini marilah kita selesaikan pembahasan tentang implikasi penelitian.

Implikasi Penelitian

Implikasi penelitian pada dasarnya adalah berkembangnya ilmu pengetahuan yang menjadikan kualitas hidup manusia menjadi lebih baik.

Sebagai contoh ilmu tentang tehnik menolong persalinan yang ada sekarang ini, menetapkan:

Bahwa bila kepala janin sudah lahir kepala dipegang secara biparietal dan ditarik lembut ke arah bawah sehingga bahu depan lahir.Tehnik pertolongan persalinan ini memperbaiki tehnik menolong kelahiran bahu depan dengan cara memegang leher bayi menggunakan kedua sisi kelingking dari telapak tangan dan menarik kepala bayi ke arah bawah, tehnik pertolongan ini ternyata menimbulkan trauma pada leher yang dapat menimbulkan paralise Erb atau Erb’s palsy.

BACA JUGA: Ini dia arti Metode Ilmiah?

Kesimpulan

Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pengertian penelitian adalah pencarian jawaban dari pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya oleh peneliti.

Tujuan penelitian adalah  untuk  menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan. Jenis penelitian dibedakan berdasarkan tujuan, metode dan jenis data. Implikasi penelitian pada dasarnya adalah berkembangnya ilmu pengetahuan yang menjadikan kualitas hidup manusia menjadi lebih baik.

Yuk, SITASI ARTIKEL!

Ikatan Dinas (September 28, 2021) Pengertian Penelitian. Retrieved from https://ikatandinas.com/pengertian-penelitian/.
"Pengertian Penelitian." Ikatan Dinas - September 28, 2021, https://ikatandinas.com/pengertian-penelitian/
Ikatan Dinas August 3, 2021 Pengertian Penelitian., viewed September 28, 2021,https://ikatandinas.com/pengertian-penelitian/>
Ikatan Dinas - Pengertian Penelitian. [Internet]. [Accessed September 28, 2021]. Available from: https://ikatandinas.com/pengertian-penelitian/
"Pengertian Penelitian." Ikatan Dinas - Accessed September 28, 2021. https://ikatandinas.com/pengertian-penelitian/
"Pengertian Penelitian." Ikatan Dinas [Online]. Available: https://ikatandinas.com/pengertian-penelitian/. [Accessed: September 28, 2021]
 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *