Handphone Adalah: Pengertian, Sejarah, Fungsi

Handphone Adalah
Handphone Adalah

Di jaman sekarang ini, hampir setiap orang pasti punya yang namanya HP atau smartphone. Gadget yang satu ini memang begitu populer karena memiliki banyak fungsi dan kegunaan.

Tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, HP jaman sekarang juga bisa dipakai untuk hal lain seperti mengakses internet, memotret foto, pemutar musik dan fitur keren lainnya.

Namun tentu awal mula kemunculan handphone tidak langsung secanggih smartphone yang kita ketahui saat ini. Sudah tahukah kalian bagaimana perkembangan perangkat HP hingga bisa secanggih sekarang?

Bacaan Lainnya

Pengertian Handphone

Handphone Adalah
Handphone Adalah

Istilah Handphone sendiri terdiri dari 2 kata yaitu Hand yang berarti tangan dan phone yang artinya suara. Handphone juga sering diartikan dengan istilah telepon genggam dalam bahasa Indonesia.

Secara umum, HP adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik 2 arah yang bersifat portabel alias bisa dibawa kemana-mana dan tidak membutuhkan kabel (wireless).

Namun sekarang ini, Handphone tidak hanya difungsikan lagi sebagai perangkat komunikasi saja. Melainkan HP sudah memiliki begitu banyak fitur lain yang membuatnya jadi makin canggih.

Sejarah Perkembangan Handphone

Jika kalian lihat HP jaman sekarang ini, maka tentu bentuknya sudah berbeda dengan HP 10 tahun lalu. Apalagi jika kalian bandingkan dengan handphone generasi sebelum-sebelumnya, pasti akan sangat berbeda.

Smartphone jaman sekarang mayoritas sudah menggunakan touchscreen semua dan jarang yang masih menggunakan tombol fisik atau keypad. Selain itu, dari segi fitur juga sudah sangat lengkap tidak terbatas hanya untuk kebutuhan komunikasi saja.

Lalu bagaimana sih awal perkembangan handphone jaman dulu? Handphone pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper yang merupakan seorang karyawan Motorola. Ia memiliki ide untuk membuat sebuah alat komunikasi yang bersifat portabel dan bisa dibawa kemana-mana.

Namun saat itu, pembuatannya sempat mengalami kendala karena kesulitan dalam memasukan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil.

Hingga pada akhirnya, sebuah telepon genggam berhasil dibuat dengan berat mencapai 2 kg. Alat tersebut dinamakan sebagai DynaTAC.

1. Generasi 0 (1940)

Pada masa Perang Dunia II, Galvin Manufacturing Corporation (Motorola) berhasil mengembangkan sebuah alat komunikasi yang bernama Handie-Talkie SCR536.

Ia menggunakan sistem radio VHF untuk menghubungkan telepon langsung pada PSTN landline. Dengan alat ini memungkinkan seseorang untuk saling berkomunikasi 2 arah secara bergantian.

2. Generasi I (1973)

Kemudian Martin Cooper seorang karyawan Motorola Corp berhasil mengembangkan idenya tentang telepon genggam dan membuat HP pertama dinamakan DynaTAC. Ia masih menggunakan jaringan 1G yang bersifat analog dan baterainya pun hanya mampu bertahan 20 menit.

3. Generasi II (1990-an)

Di tahun 1990an, perangkat handphone sudah mulai menggunakan chip digital. Selain itu, teknologi jaringannya juga sudah beralih ke 2G seperti GSM dan CDMA.

Beberapa produk handphone yang termasuk generasi ini seperti Motorola International 3200, Nokia 1011, Motorola StarTAC, dan Nokia 9000 Communicator.

4. Generasi III (2000-an)

Berkembang ke generasi berikutnya, handphone pun juga sudah beralih menggunakan teknologi 3G dengan jangkauna jaringan yang lebih luas. Saat itu ada 2 jenis standart 3G yang digunkan yaitu EDGE, Widepand-CDMA dan CDMA 2000.

Selain itu, HP pada masa ini juga sudah mulai menggunakan sistem operasi tersendiri untuk membuat fitur-fitur yang lebih lengkap seperti android, iOS, Windows dan Symbian.

5. Generasi IV (2010-an)

Dengan hadirnya jaringan 4G membuat perangkat handphone juga semakin terus berkembang. Teknologi nirkabel yang ada di HP pun juga semakin bertambah dengan adanya Wireless Broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dan lainnya.

Fungsi Handphone

Pada awalnya, sebuah handphone ditujukan sebagai perangkat yang memungkinkan untuk melakukan komunikasi 2 arah. Namun seiring berjalannya waktu fungsinya juga semakin banyak dan lengkap.

Mulai dari bisa dipakai untuk berkirim pesan teks singkat (SMS). Kemudian bisa juga untuk melakukan panggilan video (video call). Bahkan sekarang juga sudah bisa untuk saling bertukar file secara nirkabel lewat internet.

Dengan perkembangan handphone yang menjadi perangkat pintar, fitur-fiturnya pun semakin banyak dan lengkap. Bahkan fitur seperti kalkulator, alarm, mp3 player, video player, kamera, game dll sekarang juga sudah bisa ditemukan pada HP.

Kesimpulan

Handphone adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk melakukan komunikasi 2 arah. Berbeda dengan telepon rumah, handphone dibuat dengan memiliki sifat portabel sehingga bisa dibawa kemana-mana.

Selain itu, Hp juga tidak memerlukan kabel karena bisa terhubung dengan menggunakan jaringan WIFI/nirkabel. Sehingga penggunaannya pun akan jauh lebih mudah dan praktis dimanapun serta kapanpun.

Namun meski memiliki fungsi yang sangat banyak serta bermanfaat, penggunaan handphone pun juga harus bijak. Apalagi di jaman sekarang dimana HP sudah bisa dimiliki oleh hampir semua orang, maka risiko mucnulnya dampak-dampak negatif akan semakin besar jika tidak dikontrol.

Rate this post

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *