Bacaan Doa Ijab Qobul Zakat: Membuat Amal Jariyah dengan Donasi Anda

Setiap tahunnya, umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk membayar zakat. Zakat sendiri adalah bentuk sumbangan yang wajib diberikan oleh umat Muslim yang telah memenuhi syarat tertentu, seperti memiliki harta yang mencapai nishab atau batas tertentu.

Sebagai umat Muslim yang memahami pentingnya zakat, tentu kita harus mempelajari doa ijab qobul zakat sebagai bagian dari membayar zakat dengan benar. Doa ijab qobul zakat adalah doa yang dibaca ketika seseorang menyerahkan zakatnya ke pihak yang berhak menerima zakat.

Apa Itu Doa Ijab Qobul Zakat?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai doa ijab qobul zakat, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu arti dari kata-kata tersebut.

Bacaan Lainnya

Ijab artinya menawarkan atau menyerahkan, sedangkan qobul artinya menerima atau menerima dengan baik. Jadi, doa ijab qobul zakat bermakna sebagai doa yang dibaca ketika seseorang menawarkan atau menyerahkan zakatnya kepada pihak yang berhak menerima, dan pihak tersebut menerimanya dengan baik.

Doa ijab qobul zakat berfungsi sebagai pengokoh niat kita dalam membayar zakat. Dengan membaca doa ini, kita meminta agar zakat yang kita bayarkan diterima oleh Allah SWT dan diterima dengan baik oleh pihak yang berhak menerimanya.

Bagaimana Cara Membaca Doa Ijab Qobul Zakat?

Berikut adalah bacaan doa ijab qobul zakat yang dapat Anda amalkan:

اللهم تقبله مني كما تقبلته من عبدك داود، صلى الله عليه وسلم

Artinya: Ya Allah, terimalah zakat ini dari saya sebagaimana Engkau menerima zakat dari hamba-Mu, Daud, shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Doa ijab qobul zakat dapat dibaca sebelum atau setelah menyerahkan zakat kepada pihak yang berhak menerimanya. Selain itu, Anda juga dapat membaca doa ini ketika mempersiapkan diri untuk membayar zakat, sebagai pengokoh niat bahwa Anda akan membayar zakat dengan ikhlas dan benar.

Manfaat Membaca Doa Ijab Qobul Zakat

Membaca doa ijab qobul zakat tentu memiliki manfaat yang baik bagi kita sebagai umat Muslim. Berikut adalah beberapa manfaat dari membaca doa ijab qobul zakat:

  • Meneguhkan niat kita dalam membayar zakat
  • Menambah keikhlasan dalam membayar zakat
  • Memohon agar zakat yang kita bayarkan diterima oleh Allah SWT
  • Memohon agar zakat yang kita bayarkan diterima dengan baik oleh pihak yang berhak menerimanya
  • Memperkuat tali ukhuwah antara kita dengan orang yang menerima zakat

Dengan membaca doa ijab qobul zakat, kita juga membuat amal jariyah dengan donasi kita. Amal jariyah sendiri adalah amal baik yang terus mengalir manfaatnya meskipun kita telah meninggal dunia. Jadi, dengan membayar zakat dan membaca doa ijab qobul zakat, kita membuat amal jariyah yang akan terus mengalir manfaatnya untuk kita.

Kesimpulan

Doa ijab qobul zakat adalah doa yang dibaca ketika seseorang menyerahkan zakatnya kepada pihak yang berhak menerima zakat. Dengan membaca doa ini, kita memohon agar zakat yang kita bayarkan diterima oleh Allah SWT dan diterima dengan baik oleh pihak yang berhak menerimanya.

Bacaan doa ijab qobul zakat sendiri adalah اللهم تقبله مني كما تقبلته من عبدك داود، صلى الله عليه وسلم. Doa ini dapat dibaca sebelum atau setelah menyerahkan zakat kepada pihak yang berhak menerimanya.

Dengan membaca doa ijab qobul zakat, kita meneguhkan niat kita dalam membayar zakat, menambah keikhlasan dalam membayar zakat, memohon agar zakat yang kita bayarkan diterima oleh Allah SWT, memohon agar zakat yang kita bayarkan diterima dengan baik oleh pihak yang berhak menerimanya, dan memperkuat tali ukhuwah antara kita dengan orang yang menerima zakat. Selain itu, dengan membayar zakat dan membaca doa ijab qobul zakat, kita membuat amal jariyah dengan donasi kita.

Rate this post

Kami, Mengucapkan Terimakasih Telah Berkunjung ke, Ikatandinas.com

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *