Pengertian Persepsi

  • Whatsapp
pengertian persepsi

Pengertian persepsi itu apa sih? Yuk simak materi persepsi sebagai bahan makalah, skripsi atau untuk menerangkan secara jelas makna dari persepsi itu sendiri.

Apa yang dimaksud persepsi?

Persepsi adalah proses pengorganisasian, penginterpretasian rangsangan yang diterima oleh organisme (individu) sehingga merupakan sesuatu yang berarti dan merupakan aktivitas yang integrated dalam diri individu.

Berdasarkan hal tersebut persepsi disebut juga “interpretation of experience” yakni penafsiran pengalaman. Persepsi merupakan bagian dari keseluruhan proses yang menghasilkan tanggapan setelah rangsangan diterapkan kepada manusia. Dengan persepsi individu menyadari dan dapat mengerti tentang keadaan lingkungan sekitar maupun hal yang ada pada diri individu yang bersangkutan.

Proses terjadinya persepsi

Proses persepsi diawali perhatian oleh panca indra dan diakhiri oleh pengamatan Proses terjadinya persepsi diawali oleh proses pengindraan (diterimanya stimulus oleh alat indra), kemudian individu ada perhatian, stimulus diteruskan ke otak yang kemudian dilakukan “interpretasi” terhadap rangsang sehingga rangsang tersebut disadari dan dimengerti, maka terjadilah persepsi.

Pada proses persepsi terdapat tiga komponen utama, yaitu seleksi, interpretasi dan pembulatan terhadap informasi.

Selengkapnya sebagai berikut:

1. Seleksi

Seleksi, yaitu proses penyaringan oleh alat indra terhadap rangsangan dari luar, dengan intensitas dan jenisnya dapat banyak atau sedikit.

2. Interpretasi

Interpretasi, yaitu proses mengorganisasikan informasi sehingga mempunyai arti. Interpretasi dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu, sistem nilai yang dianut, motivasi, kepribadian dan kecerdasan. Selain itu dipengaruhi oleh kemampuan seseorang dalam mereduksi informasi yang kompleks menjadi sederhana.

Interpretasi dan persepsi diterjemahkan dalam bentuk tingkah laku (pembulatan informasi).

Berdasarkan proses diatas, orang mudah untuk melakukan perbuatan melihat, mendengar, membau, merasakan dan menyentuh. Tapi, informasi tersebut terlebih dahulu diorganisasikan dan diinterpretasikan sebelum dapat dimengerti.

Tidak semua informasi yang masuk ke panca indradirasakan secara sadar, dalam arti harus ada perhatian terhadap pesanyang datang.

Macam-macam persepsi

Ada dua macam persepsi, antara lain:

  • Persepsi yang terjadi karena adanya rangsang yang datang dari luar individu (external perception).
  • Persepsi yang terjadi karena adanya rangsang dari dalam diri individu (external perception).

Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi

Proses persepsi tersebut dipengaruhi oleh faktor fungsional, struktural, situasional dan faktor personal.

Faktor fungsional dihasilkan dari kebutuhan, kegembiraan (suasana hati), pelayanan dan pengalaman seorang individu. Faktor struktural dihasilkan dari bentuk stimuli dan efek-efek netral yang ditimbulkan dari sistem saraf individu.

Faktor situasional, berkaitan dengan bahasa non verbal seperti : penunjuk proksemik, kinesik, petunjuk wajah dan petunjuk paralinguistik. Sedangkan faktor personal terdiri atas pengalaman, motivasi dan kepribadian.

BACA JUGA: Arti Berpikir?

Demikian penjelasan seputar pengertian persepsi secara lengkap. Untuk menambah khasanah keilmuan kamu, silahkan lanjutkan dengan membaca masalah seputar pengertian motivasi.

Yuk, SITASI ARTIKEL!

Ikatan Dinas (September 28, 2021) Pengertian Persepsi. Retrieved from https://ikatandinas.com/pengertian-persepsi/.
"Pengertian Persepsi." Ikatan Dinas - September 28, 2021, https://ikatandinas.com/pengertian-persepsi/
Ikatan Dinas May 22, 2021 Pengertian Persepsi., viewed September 28, 2021,https://ikatandinas.com/pengertian-persepsi/>
Ikatan Dinas - Pengertian Persepsi. [Internet]. [Accessed September 28, 2021]. Available from: https://ikatandinas.com/pengertian-persepsi/
"Pengertian Persepsi." Ikatan Dinas - Accessed September 28, 2021. https://ikatandinas.com/pengertian-persepsi/
"Pengertian Persepsi." Ikatan Dinas [Online]. Available: https://ikatandinas.com/pengertian-persepsi/. [Accessed: September 28, 2021]
 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *